Berita DKI Jakarta

402



TVRI JAKARTA - Dalam upaya meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi virus covid 19, aksi sosial peduli kemanusiaan diperlihatkan warga yang tinggal di kawasan Perumahan Elit Daan Mogot Baru, Kalideres Jakarta Barat.

Warga yang ekonomi berkecukupan bersama kepolisian satlantas kalideres Jakarta Barat, membagikan puluhan paket sembako kepada warga yang terdampak pandemi virus covid 19, seperti buruh cuci gosok, pengepul barang bekas dan pedagang kecil, di permukiman padat dan pinggir jalan.

Suasana haru pun seketika pecah saat pembagian paket sembako tersebut ternyata sangat dinanti warga masyarakat yang membutuhkannya. 

Satu persatu warga di permukiman padat penduduk yang bekerja sebagai pengepul barang bekas, dan buruh cuci gosok yang tidak lagi bisa bekerja disaat kondisi wabah virus covid 19, ini didatangi petugas dan warga. 

Tak hanya di permukiman padat, pembagian paket sembako ini juga dibagikan kepada para pemulung dan pedagang kecil yang berada di pinggir jalan. 

Agar tak membuat kerumunan, pembagian sembako ini pun dilakukan secara physical distancing atau jaga jarak, dengan secara tiba tiba mendatangi langsung para pemulung dan pedagang yang berada di lokasi.

Suasana haru pun seketika pecah saat pembagian paket sembako tersebut, ternyata sudah sangat dinanti warga masyarakat yang bekerja sebagai pemulung pinggir jalan tersebut. 

Salah satunya parni, seorang ibu yang sudah belasan tahun sebagai pemulung barang bekas di wilayah kalideres ini sontak berlinang air mata saat dirinya menerima paket sembako tersebut secara gratis. Parni mengaku nekat masih keluar rumah ditengah pandemi virus covid 19, lantaran hanya demi memenuhi kebùtuhan makan anak anaknya dan ibunya yang tidak lagi sanggup berjalan. 

Hal senada juga diungkap wulan, salah satu pedagang makanan kerupuk yang mengalami kekurangan dalam penglihatannya ini, mengucap syukur alhamdulillah atas kepedulian dari warga sekitar tempat nya berjualan disaat penghasilannya jauh sangat menurun saat ini, sementara anak anaknya juga memerlukan makan sehari hari.

Aksi sosial peduli kemanusiaan dengan membagikan puluhan paket sembako yang berisi dua setengah liter beras, satu liter minyak goreng, dan beberapa mie instan tersebut merupakan hasil donasi swadaya warga perumahan elit daan mogot baru guna membantu meringankan beban ekonomi masyarakat sekitar mereka yang terdampak pandemi virus covid 19.

Meski saat ini pembagian paket sembako juga telah dilakukan oleh pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta, namun semangat aksi sosial warga peduli kemanusiaan kepada warga yang terdampak pandemi virus covid 19 ini akan terus digalakan warga di kawasan Daan Mogot Baru, Kalideres.

Berharap aksi sosial menjadi menginspirasi bagi masysrakat lain untuk peduli kemanusiaan akibat dampak pandemi virus covid 19 terhadap saudara saudara yang memang membutuhkan.


Bagikan Artikel ini ke