Angkasa Pura Berlakukan Validasi Digital Dokumen

TVRI

04 - Feb - 2021 10:13

Berita - LAMPUNG

Berita

PT. Angkasa Pura Dua Bandara Raden Inten Lampung bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas Dua Panjang menerapkan sistem validasi surat keterangan tes cepat secara digital. Langkah ini sebagai upaya antisipasi surat rapid test palsu. Sistem ini mulai diberlakukan sejak 1 Februari kemarin.

Surat keterangan rapid test palsu banyak ditemukan di sejumlah bandara di Indonesia, untuk antisipasi peristiwa tersebut PT. Angkasa Pura Dua bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Kelas Dua Panjang menerapkan  sistem validasi surat keterangan test cepat secara digital.

General Manager PT. Angkasa Pura Dua Bandara Raden Inten Lampung, M. Hendra Irawan membenarkan pemberlakukan sistem tersebut. Selain untuk mengantisipasi adanya pemalsuan surat keterangan rapid test antigen sebagai syarat naik pesawat, sekaligus untuk mengurangi kontak calon penumpang pesawat dengan petugas penyedia layanan tes cepat antigen covid-19. Petugas  harus mengunggah dokumen hasil test cepat tersebut melalui e-Hac ini dan calon penumpang dapat melihat hasilnya dari aplikasi e-Hac tersebut.

Sistem ini mulai berlaku sejak 1 Februari 2021 lalu, namun mengingat sistem ini terbilang masih baru dan sebagian masyarakat ada yang belum mengerti, untuk tahap awal sebagian masih dilakukan secara manual.

Penulis : Yuntardi

Terbaru dari Instagram