Berita DKI Jakarta

66



TVRI Jakarta - Mengantisipasi ancaman banjir seiring datangnya musim hujan dan badai La Nina di samudera pasifik, Pemprov DKI Jakarta terus membersihkan aliran kali yang kerap meluap ke pemukiman warga. di Jakarta Selatan, kali mampang dan kali krukut, merupakan dua aliran kali yang kerap meluap saat hujan deras mengguyur ibukota. 

Sejumlah petugas dari Suku Dinas Sumber Daya Air Pemkot Jakarta Selatan, dikerahkan untuk membersihkan aliran kali mampang, di jalan pondok karya tujuh, mampang prapatan, Jakarta selatan. dua alat berat dan dua armada truk dilibatkan dalam kegiatan ini. satu alat berat dikerahkan untuk mengeruk endapan lumpur di dasar kali, sementara satu alat berat lain bertugas memindahkan lumpur ke dalam truk. 

Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Selatan, Holi Susanto mengatakan, 436 personnel satgas tersebut disiagakan untuk mengatasi genangan dan banjir di jalan-jalan protokol, arteri dan lingkungan.

“Kami siagakan karena saat ini telah memasuki musim hujan," ujarnya,

Ia menambahkan, selain menyiagakan petugas, untuk menunjang kelancaran penanganan genangan dan banjir, pihaknya juga menyiagakan enam unit dump truck, 29 dump truck alkal, enam alat berat serta 17 alat berat alkal.

Selain kali mampang, kali krukut di wilayah kemang selatan dua belas, Kelurahan Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta selatan, juga dibersihkan. Endapan lumpur yang berada di dasar kali dikeruk dan dipindahkan ke truk dengan alat berat. petugas Sudin sumber daya air bahkan harus memasuki aliran kali untuk membersihkan aneka jenis sampah yang tersangkut. 

Selama sebulan terakhir, aliran kali mampang dan kali krukut sudah tiga kali meluap dan merendam pemukiman warga di sepanjang bantaran kali. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, memprediksi fenomena La Nina yang sedang terjadi di samudera pasifik berpotensi meningkatkan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Jakarta. 


Bagikan Artikel ini ke