Berita DKI Jakarta

35



TVRI Jakarta - Pemerintah Kota Jakarta Utara memberikan pelatihan kepada puluhan petugas PPSU, dalam mengantisipasi bencana alam. Mengingat mereka merupakan garda terdepan, jika terjadi bencana banjir ataupun pohon tumbang di Jakarta Utara.

Presiden Jokowi telah menginstruksikan BMKG untuk mengantisipasi dampak dari La Nina atau pergantian musim yang sudah mulai terlihat di bulan Oktober ini. Oleh karenanya, Presiden menghimbau semua pihak agar mengantisipasi kemungkinan bencana dan dampak yang ditimbulkan oleh la nina tersebut.

Mencermati hal itu, Pemkot Jakarta Utara membentuk tim serta memberikan pelatihan kepada 99 anggota PPSU dari 31 kelurahan di Jakarta Utara. Pelatihan yang diselenggarakan di Kantor Sudin Nakertrans ini berupa pengoperasian genset dan pemangkasan pohon.

Walikota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko mengatakan petugas PPSU akan menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana di musim penghujan. Nantinya, tim tersebut akan merespon dengan cepat jika terjadi bencana seperti banjir ataupun pohon tumbang yang terjadi di wilayah mereka.

Pelatihan operasional genset dan pemangkasan pohon dengan peserta petugas PPSU merupakan kali pertama dilakukan di provinsi DKI Jakarta. Diharapkan dengan adanya kemampuan dan keahlian tersebut petugas PPSU dapat berkolaborasi dengan petugas unit perangkat kerja daerah demi kepentingan dan keselamatan warga saat terjadi bencana khususnya di Jakarta Utara.

"Petugas PPSU sebagai garda terdepan di setiap kelurahan harus bisa mengoperasionalkan genset. Apabila terjadi banjir, maka genset portabel kami akan bergerak menuju lokasi diperuntukan untuk penerangan maupun membantu operasional mesin pompa," jelas epala Sudin Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Jakarta Utara, Gatot Soebroto


Bagikan Artikel ini ke