Berita LAMPUNG

489



KPU Provinsi Lampung menyelenggarakan apel kesiapan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 secara online. Apel diikuti seluruh penyelenggara pilkada hingga di tingkat panitia pemungutan suara.

Dengan tema “Membangun SDM yang Sehat dan Berintegritas”, apel  yang dilakukan secara online oleh KPU Provinsi Lampung ini diikuti oleh seluruh penyelenggara pilkada hingga di tingkat panitia pemungutan suara atau kelurahan pada delapan kabupaten/kota.  Di Kota Bandar Lampung, apel kesiapan penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2020 dipusatkan pada lima puluh titik. Menurut Komisioner KPU Bandar Lampung Hamami, untuk tingkat kota Bandar Lampung, apel dilakukan di satu titik yakni di KPU Bandar Lampung. Sedangkan di tingkat panitia pemilihan kecamatan dipusatkan di 20 kecamatan. Sementara di tingkat panitia pemungutan suara, dari 126 kelurahan yang ada, hanya dipusatkan di 29 titik. Apel online ini juga menghadirkan narasumber dari KPU RI. 

Sementara Wakil Gubernur Lampung Chunsnunia Halim mengatakan, tahapan pilkada tetap dilakukan karena masa pandemi tidak diketahui kapan akan berakhir, namun pelaksanaannya tetap mengedepankan protokol kesehatan. Salah satu isu substansial dalam mendorong pilkada yang berkualitas, menurut Wagub adalah  ketersediaan anggaran yang sudah dituangkan dalam NPHD. Untuk itu bagi daerah yang belum seratus persen merealisasikan anggaran pilkada agar KPUD melakukan koordinasi dengan Pemda setempat. Lies Trisyawati


Bagikan Artikel ini ke