Berita DKI Jakarta

395



TVRI Jakkarta - Demi berbagi kesembuhan kepada para penderita yang saat ini tengah berjuang melawan virus COVID-19, puluhan anggota Polda Metrojaya yang telah sembuh dari COVID19, mendonorkan plasma konvalesen di kantor Palang Merah Indonesia DKI Jakarta.

Kegiatan kemanusiaan itu di harapkan dapat mempercepat proses penyembuhan para pasien dengan gejala berat, sekaligus menurunkan angka kasus COVID19 di ibukota yang belakangan terus meningkat. Sembuh dari COVID19  bukan hanya bisa kembali menjalani hidup dengan normal dan sehat, tetapi juga dapat berbagi kesembuhan kepada para penderita COVID19 lainnya.

Itulah yang dilakukan 21 anggota kepolisian dari Polda Metrojaya yang bersedia menjadi pendonor plasma kovalesen di kantor PMI DKI Jakarta.

Didampingi Wakapolda Metrojaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo, para penyintas yang telah lolos tes kesehatan langsung mendonorkan plasma darah mereka secara bergantian di ruang khusus konvalesen.

Menurut Wakapolda, misi kemanusiaan itu sengaja dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan rasa saling berbagi kesembuhan kepada para penderita COVID19 dengan gejala berat, yang saat ini tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

“Pendonornya sangat minim sekali. Sekarang dengan adanya program dari PMI kami berharap penyintas Covid-19 tak ragu untuk mendonorkan plasma konvalesennya melalui PMI Jakarta,” Brigjen Pol. Hendro Pandowo, Wakapolda Metrojaya

PMI DKI pun menyambut baik donor massal para penyintas dari anggota Polri, mengingat saat ini jumlah persediaan plasma konvalesen yang ada masih sangat minim.

"Semoga giat ini bermanfaat dan meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian pasien Covid-19,” tutur Rustam Efendi, ketua PMI DKI Jakarta.

Unit tranfusi darat PMI DKI Jakarta sendiri telah menfasilitasi donasi plasma konvalesen bagi penyintas COVID19 sejak bulan Juni 2020 lalu. Terapi plasma konvalesen di percaya mampu membantu penyembuhan pasien covid 19 dengan gejala berat, dimana plasma tersebut kaya akan antibodi poliklonal yang bisa meningkatkan imun tubuh.


Bagikan Artikel ini ke