Berita DKI Jakarta

132



TVRI JAKARTA - Pada masa pandemi COVID19, penjual hewan potong qurban terutamanya sapi di rumah pemotongan hewan, Cakung, Jakarta Timur, mengalami penurun hingga tiga puluh persen.

Sementara itu petugas dari dinas ketahanan pangan kelautan dan pertanian atau KPKP, melakukan cek kesehatan terhadapat sapi yang berada di RPH, Cakung.

Rumah pemotongan hewan atau RPH, yang berada di kawasan penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, menjadi tempat pemotongan hewan serta penjualan, yang di dominasi sapi potong. Pada masa pandemi COVID19 ini, penjualanan sapi untuk pemotongan serta untuk Hari Raya Idul Adha, mengalami penurunan hingga tiga puluh persen.

Dinas ketahanan pangan kelautan dan pertanian atau KPKP, melakukan pemeriksaan terhdapat hewan terutamanya sapi yang berada di RPH Cakung ini. Petugas melakukan pengecekan mulai dari gigi hingga melakukan pengambilan sample darah, guna memastikan bebas dari penyakit antraks.

Sementara itu petugas akan terus melakulan pengecekan guna memastikan bebas dari penyakit serta menggunakan protokol kesehatan.

Menurut salah satu penjual sapi di RPH, Cakung ini, penjualanan saat ini beda dengan tahun lalu karena ada nya pandemi COVID19. Sapi yang akan dijual ini sudah melewati protokol kesehatan atau pengecekan dari dinas KPKP DKI Jakarta.

"Oh dampaknya (pandemi) besar sekali, orang-orang yang rencana beli sapi enggak jadi beli karena takut keluar rumah," kata Muhammad 


Bagikan Artikel ini ke