Berita LAMPUNG

295



Lampung, 24/07/2020 - Para Polwan menggunakan sepatu roda memberikan melakukan himbauan kepatuhan berlalulintas di jalan raya tepatnya di lampu merah Tugu Adipura Bandar Lampung, dalam Operasi Patuh Krakatau 2020. Dalam pelaksanaan pada hari pertama hari ini, Polresta Bandar Lampung masih menemukan sejumlah pengendara melanggar peraturan lalu lintas.

Kepada pengendara yang melakukan pelanggaran karena tidak mematuhi marka jalan, maka petugas akan memberikan sanksi berupa teguran. Hal ini terlihat ketika Kepolisian Resort Kota Bandar Lampung menurunkan satuan Polisi wanita dengan menggunakan sepatu roda untuk mengimbau pengguna jalan yang melanggar dan memberikan sosialisasi Operasi Patuh Krakatau 2020. Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung AKP Rafly Yusuf Nugraha  mengatakan, pada hari pertama Operasi Patuh Krakatau 2020, petugas hanya memberikan teguran kepada para pelanggar. Menurut rencana operasi patuh krakatau 2020 serentak dilakukan di seluruh wilayah hingga 6 Agustus 2020. Mabes Polri sendiri menyebutkan bahwa hal yang bersifat teknis di lapangan anggota akan mengedepankan tindakan persuasif humanis. Meski Polri juga akan kembali memberlakukan tindakan hukum atau tilang kepada para pelanggar lalu lintas.

Operasi patuh yang digelar mulai 23 Juli sampai 6 Agustus 2020 ini dilaksanakan di tengah pandemi covid-19. Dengan kondisi khusus ini maka penindakkan pelanggar lalu lintas sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Petugas terlebih dahulu mengutamakan pencegahan dan edukasi. Kedisiplinan masyarakat jadi fokus utama melalui edukasi pencegahan untuk adaptasi kebiasaan baru. // Agus Mughni Hakim


Bagikan Artikel ini ke