Berita DKI Jakarta

360



JAKARTA - Untuk para penggemar sepakbola mungkin freestyle soccer sudah tidak asing lagi dengan istilah juggling, neck stall dan lainnya. dalam berlatih gerakan freestyle soccer sangat dibutuhkan konsentrasi dan kecepatan kaki serta anggota tubuh yang lainnya.

Juggling dalam sepakbola adalah aktivitas mempertahankan bilanuntuk tetap di atas tanpa sejalilin menyentuh tanah. Hal ini juga merupakan unjuk keahlian dan skill pembawaan bila oleh seorang pemain sepak bola. juggling sendiri adalah salah sayu gerakan yang memantul bola dengan menggunakan paha atau punggung kaki, tetapi juga bisa menggunakan bahu maupun kepala. 

Bagi para pemain pemula yang ingin belajar pastikan untuk memakai kaki dominan ketika melakukannya. Kaki dominan artinya adalah kaki yang lehuh serung digunakan sehari hari. kebanyakan orang memiliki kaki dominan sebelah kanan, tapi ada juga yang menggunakan kaki kiri maka gunakan kaki sisi manapun yang dapat membuat nyaman.

Ada tiga teknik dasar dalam freestyle soccer yang perlu dipelajari pemula. juggling merupakan teknik paling dasar, cara melakukannya dengan menimang nimang bola pada bagian punggung kaki, paha, kepala dan lainnya. lakukan sampai bola benar-benar seimbang.

Sedangkan around the world sdalah teknik menggelinding bola di bagian leher atau pundak. dalam gerakan freestyle soccer ini, tumpuan kaki harus kuat dan posisi pandangan harus lurus ke depan.

Untuk mempelajari teknik ini butuh kesabaran dan fokus untuk mencobanya. seperti halnya salah seorang siswa SMK 19 Jakarta, Dias, yang sejak duduk di sekolah menengah pertama sangat menggemari freestyle soccer ini.

“Freestyle tahun 2017 2018 sempet ikut grup kualifikasi Indonesia Freestyle Football Kompetisi. Cuma kalo futsal di SMK 19 ngasih tiga piala” ujarnya saat ditemui tengah berlatih di lapangan sekolah (13/02/20).

Keahlian ini tidak akan bertahan dan gak akan menjadj lebih baik apa bila tak dilatih secara rutin dan pengendalian diri yang besar. Karena jika dilakukan terburu buru maka hanya akan membuat bola jatuh tidak seimbang.


Bagikan Artikel ini ke