Berita JAWA BARAT

52



Sedikitnya, 13 kawasan industri baru di Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, dan Kota Cirebon akan menjadi mesin perekonomian Jawa Barat dengan Pelabuhan Patimban sebagai pusat pertumbuhannya. Dipilihnya 3 tempat tersebut sesuai dengan rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam pengembangan Segitiga Emas Rebana Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga sudah menyiapkan kerja sama dengan Inggris dalam membangun politeknik maritim, agar kebutuhan tenaga kerja pelabuhan dapat diisi oleh warga lokal sekitar Subang.

“Dalam 10 tahun kedepan kita harapkan wilayah industri ini dapat membuka lapangan kerja hingga 4,3 juta pekerjaan yang terdiri dari pekerjaan dalam kawasan industri di Segitiga Rebana. Selain itu juga kita harapkan adanya penambahan progresif pertumbuhan ekonomi Jawa Barat 4-5% per tahun.”

Rencananya, wilayah Patimban, Subang akan didesain sebagai Kota Pelabuhan yang memenuhi aspek tata kota yang baik dan mampu menampung 1 juta penduduk. Agar kawasan di sekitar Pelabuhan Patimban juga dapat dijadikan kawasan ekonomi khusus.

(Abby Aditya)


Bagikan Artikel ini ke