Berita DKI Jakarta

509



TVRI Jakarta - Jelang perayaan imlek 2572, pengurus vihara Kwan In Thang, Pondok Cabe Ilir, Pamulang kota Tangerang Selatan melakukan ritual cuci rupang. Dalam ritual cuci rupang kali ini, pengurus vihara dibatasi masuk ke dalam vihara guna menjaga protokol kesehatan di masa pandemi kali ini.

Jelang perayaan imlek 2572 dengan shio kerbau logam yang jatuh pada tanggal 12 Februari 2021 mendatang, pengurus vihara Kwan In Thang melakukan ritual cuci rupang.

Sebelum membersihkan rupang, mereka terlebih dahulu membersihkan bagian lain seperti latar, wadah hio yang digunakan untuk menempatkan patung dewa dewi. Satu persatu patung Dewa, yakni patung Dewa Sakyamuni Buddha, Bhaisajyaguru Buddha, Amitabha Buddha, Dewi Kwan In Phu Sa dan Dewa Pelindung Dhamma mulai dicuci dan dibersihkan. Tradisi ritual cuci rupang dilaksanakan seminggu sebelum tahun baru imlek atau ketika para dewa naik ke langit.

Menurut ketua pengurus vihara Kwan In Thang, Awan Setiawan, di masa pandemi saat ini dalam melakukan ritual cuci rupang dibatasi hanya 30 orang dan dibagi tiga tempat.

“Biasanya pengurus yang mencuci patung dewa sampai 50 orang, tetapi kali ini dibatasi hanya 30 orang," ungkap Awan.

Untuk perayaan tahun baru imlek tahun ini, vihara kwan in thang tidak merayakan pesta kembang api dan barongsai, hanya melaksanakan ritual sembahyang dengan mengecek suhu badan, menggunakan masker dan secara bergantian masuk ke dalam vihara.


Bagikan Artikel ini ke