Berita DKI Jakarta

244



TVRI JAKARTA - Setelah aplikasi Situng yang digunakan KPU untuk melakukan rekapitulasi pada pemilihan umum serentak 2019, kini untuk pemilhan pilkada serentak 2020, KPU kembali melakukan uji coba aplikasi baru penghitungan rekapitulasi elekronik bernama Sirekap. Cara kerja sirekap lebih efektif dan cepat karena berbasis TPS dan pengiriman data dengan cara difoto.

KPU RI kembali melakukan uji coba aplikasi baru penghitungan cepat elektronik bernama Sirekap. Dalam simulasinya nampak hasil perhitungan di TPS di foto dengan hp dan kemudian di kirim ke sistem Sirekap.

Menurut Komisioner KPU, Sirekap sendiri merupakan kelanjutan dari Situng. Jika Situng cara kerjanya hasil rekapan ditingkat kelurahan di scan, namun Sirekap berbasis TPS dan cara kerjanya hasil perhitungan di foto dan dikirim ke sistem Sirekap.

“Saya berpandangan kita perlu kehati-hatian ya. Karena kondisi daerah masing-masing (dari) infrastrukturnya, sumber daya manusianya, geografisnya, jaringan internetnya, juga perlu kita cek sehingga kami akan melakukan evaluasi dan juga koordinasi terhadap kesiapan masing-masing daerah,” ujar Gede Raka Bumi, Komisioner KPU

Gede menambahkan hasil uji coba ini sendiri baru akan dievaluasi terkait kendala dan lainnya.


Bagikan Artikel ini ke