Berita DKI Jakarta

33



TVRI Jakarta - Komplotan penipuan dan penggelapan 16 unit mobil rental senilai tiga setengah milyar rupiah, yang di diotaki dua orang wanita, diringkus kepolisian Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kamis sore.

Guna mengelabui sejumlah pemilik mobil rental disejumlah wilayah di DKI Jakarta, komplotan pelaku spesialis pembawa kabur mobil rental tersebut berpura pura layaknya seorang pengusaha sukses yang memiliki bisnis usaha disejumlah wilayah di kawasan Banten. Dari 16 unit mobil yang dibawa kabur para pelaku , 8 diantaranya berhasil diamankan petugas. Sementara itu seorang pelaku wanita lainnya yang sudah dikantongi identitasnya hingga kini masih diburu petugas.

Dengan tangan terborgol, Yayah Rohayati alias Wita, wanita asal Pandeglang Banten, ini hanya bisa tertunduk malu saat digelandang kepolisian Satreskrim Polres Metro Jakarta barat, kamis sore.

Yayah ditangkap petugas di wilayah Sentul Bogor Jawa Barat, lantaran nekat menjadi otak dari kejahatan penipuan penggelapan enam belas mobil rental senilai tiga setengah milyar rupiah dari sejumlah lokasi mobil rental di DKI Jakarta.

Tak hanya Yayah , petugas juga meringkus dua orang penadah mobil rental yang dijual pelaku yakni Agus Riyanto, dan Agus Mulih alias kumis, di kawasan Serang dan Pandeglang Banten.

Dalam melancarkan aksi kejahatannya komplotan pelaku spesialis penipuan dan penggelapan mobil rental tersebut dengan berpura pura sebagai pengusaha sukses yang memiliki bisnis usaha diberbagai tempat di wilayah Banten. Korban para pemilik mobil rental yang terpedaya dengan penampilan perlente dua orang pelaku wanita tersebut, pun sebelumnya tak mengira menjadi korban penipuan kedua pelaku.

“Berdasarkan laporan tersebut kemudian di bawah pimpinan Kanit Krimum Polres Metro Jakarta Barat AKP Dimitri Mahendra dan Kasubnit Jatanras Iptu Rizky Ali Akbar dilakukan penyelidikan dan berhasil menangkap tersangka AM pada Minggu 15 November 2020 di daerah Disadap Serang Banten,” jelas Kompol Teuku Arsya Khadafi, Kasat Reskrim Polrestro Jakarta Barat.

Sementara itu, meski sudah enam belas mobil rental yang dibawa kabur, yayah salah satu pelaku otak kejahatan ini mengaku dihadapan polisi baru pertama kali melakukan nya demi memenuhi kebutuhan hidup keluarganya sehari hari.

Selain mengamankan delapan unit mobil rental dari tangan para pelaku, petugas juga tengah memburu pelaku wanita lainnya berinisial v-v, yang juga menjadi otak dari kejahatan ini.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya para pelaku tersebut kini terjerat pasal berlapis dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.


Bagikan Artikel ini ke