Berita DKI Jakarta

66



TVRI Jakarta - Menyambut libur panjang PT. KAI Daop 1 Jakarta mencatat terjadi peningkatan jumlah penumpang di tiga stasiun kereta. Peningkatan jumlah penumpang jelang libur panjang ini mencapai tiga kali lipat. Pemerintah memutuskan menjadikan 28 Oktober dan 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian, akan ada libur panjang selama lima hari, yaitu pada 28 Oktober hingga 1 November 2020.

Berkaitan dengan hal ini, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menuturkan selama libur panjang terdapat peningkatan jumlah penumpang di tiga stasiun, yakni Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota.


Jika dibandingkan dengan akhir pekan biasa selama pandemi Covid-19, peningkatan jumlah penumpang saat libur panjang yang akan datang mencapai tiga kali lipat.


Tercatat jika pada weekend biasa di masa Covid, rata-rata penumpang berkisar di angka 2.876.1Sementara pada tanggal 27 Oktober 2020, jumlah reservasi tiket, per Senin pukul 16.00 WIB, sudah mencapai 8.322 penumpang.

“Kalau pada weekend biasa di masa Covid, contoh akhir pekan minggu lalu, rata-rata penumpang berkisar di angka 2.876," kata Eva

Sedangkan pada tanggal 28 Oktober, jumlah calon penumpang yang telah melakukan reservasi mencapai 8.399 orang. Namun jumlah ini masih bisa bertambah. Sebab, proses reservasi tiket secara daring masih dibuka. Eva menambahkan, selama pandemi Covid-19, pihaknya memberlakukan sejumlah langkah pencegahan.

Diantaranya, membatasi kapasitas maksimal penumpang hanya 70 persen dalam satu rangkaian untuk menjaga jarak fisik antar penumpang. Penumpang diberikan faceshield dan diwajibkan untuk memakainya sepanjang perjalanan sampai ke stasiun tujuan. Sebelum berangkat penumpang wajib memenuhi berkas pemeriksaan rapid atau PCR test yang menunjukan hasil negatif covid 19, petugas akan memeriksa suhu tubuh penumpang pada saat boarding. Jika suhunya lebih dari 37,3 derajat, maka tidak diperkenankan berangkat , biaya tiket akan dikembalikan 100 persen.

Kemudian wajib menggunakan masker, menyiapkan ruang isolasi sementar dan memperbanyak titik tempat cuci tangan.


Bagikan Artikel ini ke