Berita LAMPUNG

317



Sampah medis yang tergolong sebagai limbah B-3 ditemukan di TPA Bakung Teluk Betung Barat Bandar Lampung. Dari penelusuran di TPA Bakung banyak ditemukan limbah medis seperti jarum suntik dan sampel botol berisi darah.

Dari penelusuran di TPA  Bakung Teluk Betung Barat Bandar Lampung, terdapat banyak limbah medis yang ditemukan diantaranya: jarum suntik, botol sampel berisi darah, APD, selang infus serta plastik kuning yang bertuliskan infeksius. Padahal dalam Peraturan Pemerintah nomor 81 tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah disebutkan bahwa fasilitas pelayanan kesehatan yang tidak melakukan kegiatan pengelolaan sampah sesuai prosedur sehingga mengakibatkan gangguan kesehatan masyarakat dan pencemaran lingkungan dapat dipidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 10 tahun dan denda antara seratus juta hingga 5 miliar rupiah. Menurut salah seorang pengelola sampah di TPA Bakung Yanto, tidak ada pengawasan dari Dinas terkait limbah medis disini tidak ada. Yanto juga menyebutkan sejak sebelum covid 19, limbah medis sudah ada yang dibuang ke TPA Bakung.

Terkait beredarnya isu limbah medis yang diduga dibuang oleh Rumah Sakit Swasta tersebut, Polda Lampung telah melakukan pengecekan di lokasi, namun hingga saat ini belum ada yang mau memberikan keterangan.

Penulis : Agus Mughni H


Bagikan Artikel ini ke