Berita JAWA BARAT

52



Kepolisian Derah Jawa Barat menemukan sejumlah petugas satuan pengamanan atau satpam yang tidak memiliki legalitas di Proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang. Satuan pengamanan atau satpam mengemban fungsi kepolisian terbatas. Satpam memiliki legalitas berdasarkan peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2002 tentang Sistem Manajemen Pengamanan. Namun sebelum melakukan tugas pengamanan, mereka harus mendapatkan pelatihan dan pembinaan agar memiliki legalitas saat melaksanakan tugasnya.

Pihak Direktorat Bimas Polda Jawa Barat masih terus menemukan satpam yang tidak memiliki legalitas. Salah satunya di Proyek Pembangunan Pelabuhan International Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang. Oleh sebab itu, Direktorat Bimas Polda Jabar mengingatkan kepada pihak perusahaan yang memperkerjakan para satuan pengamanan tersebut, agar melengkapi satpamnya dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan telah mengikuti pelatiha minimal garda utama. Terlebih, proyek pembangunan pelabuhan tersebut merupakan proyek strategis nasional.

Jika masih ditemukan adanya perusahaan yang memperkerjakan satuan pengamanan tanpa legalitas tersebut, maka Polda Jabar tak segan-segan untuk memberikan tindakan tegas. Berdasarkan data dari Polda Jabar, keberadaan satuan pengamanan di wilayah hukum Polda Jabar ada sebanyak 91.000 orang. Namun, yang baru memiliki legalitas sebagai satpam hanya 36.000 orang saja.

(Harry Rahmadani)


Bagikan Artikel ini ke