Berita DKI Jakarta

336



TVRI JAKARTA - Perubahan aktivitas dan kondisi selama masa darurat covid 19 tentu dapat menimbulkan kejenuhan dan mempengaruhi kondisi psikologis. Dibutuhkan proses pembiasaan dan pengkondisian agar kesehatan mental kita tetap terjaga.berbagai profesi berusaha berperan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dalam kondisi ini, salah satunya ikatan psikolog klinis yang memberikan layanan konseling gratis bagi masyarakat.

Kondisi darurat covid 19 di Indonesia yang telah berlangsung sejak bulan maret 2020 tentu dapat turut mempengaruhi kesehatan psikis masyarakat. Perubahan rutinitas dan aktivitas membuat masyarakat butuh beradaptasi dengan kondisi ini agar kesehatan mental tetap terjaga. Kasandra Putranto, Psikolog Klinis, memberikan tips untuk menjaga kesehatan mental sehingga imun tubuh tetap optimal. Diantaranya menjaga mindset. Ketika kondisi fisik menurun, cemas akan hanya membuat imunitas turut menurun. Seharusnya dalam menjaga resitensi terhadap penyebaran covid19 harus bisa menjaga imun setinggi mungkin. Cara menjaga resisten nomor asatu adalah  menghilangkan rasa cemas.

“mindset yang tidak positif nanti akan mengekuh terus, jadi kita  akan  bersama untuk tidak membaca atau membuka hal-hal yang negatif. ” ujar Dra. Kasandra Putranto, Kepala Humas Ikatan Psikolog Klinis, saat ditemui (1/04/20).

Ikatan psikolog klinis Indonesia turut berperan memberikan manfaat bagi masyarakat dengan memberikan layanan konseling online gratis di laman ipkindoensia.or.id bagi masyarakat yang terdampak kondisi psikologisnya karena kondisi darurat covid-19 saat ini.

“dimana tim kami sudah melalui proses bimbingan teknis dan memiiki surat praktek klinis yang diikeluarkan pemerintah lalu dis etiap wilayah ini tersedia” tambahnya.

Masyarakat bisa mengakses untuk mendapatkan bantuan layanan konseling ini. Harapannya semoga masyarakat bisa selalu menjaga kondisi psikis agar tetap aktif, kreatif dan produktif dalam kondisi ini. ipkindoensia.or.id


Bagikan Artikel ini ke