Berita DKI Jakarta

119



JAKARTA – Unit Pengelolaan Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) memiliki program baru yang bertujuan untuk membangun karakter masysarakat, yaitu Ngaji Budaya. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Jumat malam dengan lokasi disekitar area Setu Babakan.

Impian warga betawi adalah memiliki perkampungan budaya betawi sebagai sarana pembinaan kesenian yang bersifat dinamis. Awal mula gagasan pengembangan ynag dilakukan UPK Perkampungan Budaya Betawi adalah ingin mewujudkan wisata agro, air dan budaya. Kepala Perkampungan Budaya Betawi, Imron menyampaikan bahwa gagasan konsep pembangunan terbaru yang ingin dilakukan adalah tidak hanya berfokus pada fsik namun juga pembinaan ke dalam dengan melaksanakan pembangunan karakter, rasa kepemilikan masyarakat terhadap kampong semakin meningkat sehingga memiliki semangat untuk menjaga kawasan secara fisik dan non fisik.

Salah satu kegiatan pembagunan karakter yang dilakukan adalah kegiatan mengaji bersama, dengan sebutan ngaji budaya. Acara rutin acara ini dilakukan setiap jumat malam setelah isya. Pada acara ini akan diundang tokoh Betawi untuk berdiskusi bersama dengan warga terkait tema kearifan lokal. (BS)


Bagikan Artikel ini ke