Berita DKI Jakarta

678



TVRI Jakarta - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang, melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM, membuka pendidikan non formal di rumah tahanan negara kelas iib Pandeglang. pembukaan PKBM tersebut bertujuan agar para wargabinaan mendapatkan ijazah Paket C.

Pembukaan pendidikan di rutan kelas II B Pandeglang merupakan wujud pemerintah daerah yang ingin membantu para wargabinaan agar memdapatkan pembelajaran non formal yang baik. sehingga wargabinaan yang telah menyelesaikan masa tahanannya bisa mendapatkan ijazah paket C dan tidak kesulitan untuk mencari pekerjaan yang layak.

Kepala bidang pembina sekolah  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang, Kamir mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi rutan kelas II B Pandeglang dalam pelaksanaan PKBM tersebut. untuk tenaga pengajar sendiri, disediakan dari rutan maupun dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang.

Sementara itu, kepala rutan kelas II B Pandeglang, Jupri mengatakan dari jumlah keseluruhan wargabinaan yang ada di rutan kelas II B Pandeglang, sebanyak 182 orang. 40 orang nya telah terdaftar untuk mengikuti PKBM tersebut. PKBM ini bertujuan untuk membantu wargabinaan yang belum memiliki ijazah. agar setelah selesai dari masa hukumannya, para wargabinaan dapat mendapatkan pekerjaan yang layak dengan menggunakan ijazah paket C tersebut.

“Rutan merupakan suatu bagian dari proses akhir dari pengadilan, yang dimana disini adalah tempat untuk pembinaan bagi masyarakat yang kiranya perlu bimbingan dan tuntunan untuk kembali ke jalan yang lebih baik,” kata Jupri.


Bagikan Artikel ini ke