Berita DKI Jakarta

93



JAKARTA, TVRI JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Nasional, Massa Djafar menilai berlarut-larutnya proses pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta akibat komitmen dan kesepakatan partai-partai pendukung Para Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta mengalami perubahan terutama pasca hasil Pilpres 2019.

Pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta rencananya akan dilakukan secara tertutup oleh DPRD DKI Jakarta. Hal ini menandakan bahwa peta persaingan politik dalam tubuh partai pengusung calon dalam memperebutkan kursi Wagub DKI Jakarta cukup sengit. Pengamat politik, Massa Djafar menilai sebenarnya persoalan pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta sudah selesai sejak lama jika partai para pengusung calon wagub tersebut sesuai dan tetap komitmen dengan kesepakatan semula sebelum di laksanakan Pilpres.

Namun pasca Pilpres membuat konstelasi politik berubah sehingga kepentingan dari partai pengusung cagub tersebut berubah dan membuat kesepakatan atau komitmen awal juga berubah. Hal ini yang membuat persoalan pemilihan wagub DKI menjadi terhambat.

Massa Djafar juga menambahkan sebaiknya figure wagub DKI yang terpilih nanti dapat bekerja sama dan mendukung program dari Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menyesuaikan beragam persoalan yang di hadapi oleh DKI Jakarta. (BS)


Bagikan Artikel ini ke