Berita DKI Jakarta

54



TVRI Jakarta - Warga desa Gempol Sari, kecamatan Sepatan Timur, Tangerang, Banten, menggelar panen raya ketahanan pangan. Nantinya, sebagian hasil panen sayur mayur seperti kacang panjang, bawang merah dan lainnya, akan di jual serta di bagiakan kepada warga yang terdampak COVID-19.

Di lahan seluas kurang lebih empat ratus meter, di desa Gempol Sari, kecamatan SepatanTtimur, kabupaten Tangerang, Banten, warga bersama kelompok tani dan inisiatif zakat Indonesia atau IZI menggelar panen raya ketahan pangan.

Panen raya ketahanan pangan seperti kacang panjang, bawang merah dan sayur mayur harian seperti bayam, kangkung, pakcoy ini selanjutnya akan di jual serta di bagikan kepada warga sekitar yang terdampak COVID-19.

Nana sudiana, direktur pendayagunaan inisiatif zakat indonesia atau izi menjelaskan, setelah melihat lahan kosong yang tidak di unakan, dirinya beserta tim berinisiatif untuk membuka lahan dengan menanam sejumlah sayur mayur untuk ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19.

“Selain hasilnya bisa dimanfaatkan warga sekitar, kegiatan bercocok tanam ini juga bisa memperdayakan petani-petani local,” Nana Sudiana, Direktur Pendayagunaan IZI.

Sementara itu, Jain, kasi pemberdayaan desa gempol sari, mengatakan, dengan adanya kelompok tani ini bisa membantu perekonomian di desanya dan memperdayakan petani-petani lokal.

Penanaman sayur mayur ketahanana pangan ini, tidak hanya di wilayah Tangerang saja, namun sejumlah daerah juga sudah dilakukan seperti di Tenjo, kabupaten Bogor, Banjarnegara, Jawa Tengah serta Bojonegoro Jawa Timur.

Dan rencananya, pembukaan lahan ketahanan pangan ini akan terus di lakukan di lahan-lahan kosong di wilayah Indonesia, yang bertujuan untuk membatu petani-petani lokal serta perekonomian masyarakat yang terdampak COVID-19.


Bagikan Artikel ini ke