Berita DKI Jakarta

218



TVRI JAKARTA - Mendekati Hari Raya Idul Adha, sejumlah pedagang hewan qurban nekat mengalih fungsikan trotoar jalan di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, untuk menjajakan hewan qurban mereka. Para pedagang mengaku telah membayar sejumlah uang kepada pihak tertentu untuk dapat berjualan di atas trotoar selama beberapa hari kedepan.

Kondisi ini pun dikeluhkan para warga yang mengaku terganggu dengan alih fungsi trotoar yang dinilai menyulitkan aktivitas warga yang kerap menggunakan trotoar.

Tampak seluruh trotoar jalan di kawasan tersebut bak di jajah oleh para pedagang hewan qurban.

Tak hanya digunakan untuk menjajakan hewan qurban, para pedagang bahkan nekat membuat kandang hewan sementara di atas trotoar hingga menutup akses pejalan kaki.

Salah seorang pedagang hewan qurban mengaku sengaja menjajakan hewan qurban diatas trotoar untuk menarik minat pembeli.

Kendati mengganggu akses pejalan kaki namun dirinya mengaku di izinkan berjualan di atas trotoar lantaran telah membayarkan sejumlah uang kepada pihak tertentu sebagai syarat menyewa lahan selama beberapa hari kedepan.

Kondisi ini pun dikeluhkan para warga yang mengaku terganggu dengan alih fungsi trotoar yang dinilai menyulitkan aktivitas warga yang kerap menggunakan trotoar.

Selain itu, kotoran hewan qurban yang berserakan di atas trotoar kerap mengganggu penciuman warga yang melintas di kawasan tersebut.

“hawanya dong yang utama mengganggu, anak-anak sih seneng ya liat kambing di jalan tapi menurut saya itu ganggu,” Hilda, pejalan kaki.

Para warga berharap Pemkot Jakarta Pusat dapat menyediakan lahan bagi para pedagang hewan qurban agar mereka tak lagi mengalih fungsikan trotoar sebagai tempat menjajakan hewan qurban.


Bagikan Artikel ini ke