Berita DKI Jakarta

116



JAKARTA, TVRI JAKARTA – Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, mensiagakan thermo scanner atau alat pemindai suhu tubuh, sebagai upaya antisipasi penyebaran virus corona di Indonesia melalui penumpang kapal laut.

Alat pemindai suhu panas tubuh, disiagakan di pintu keluar dermaga penumpang pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Thermo Scanner akan mendeteksi penumpang yang memliki panas tubuh di atas 37.5 derajat celcius, yang diindikasikan sebagai gejala dari virus corona. Sejak dipasangnya thermo scanner pada Januari silam, terdapat tiga penumpang yang terindikasi memiliki shu tubuh tinggi dan memiliki riwayat penyakit demam dan saluran pernapasan. Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ketiga orang tersebut hanya mengalami sakit ISPA biasa dan dipastikan bebas dari virus corona.

“Pemeriksaan ada tiga orang selama Januari-Februari, tapi tidak mengarah ke virus corona, hanya ISPA biasa” ujar Erlina Nur, Petugas Kesehatan Pelabuhan (12/02/20).

Saat ini hanya satu unit alat thermo scanner yang disiagakan di pelabuhan Tanjung Priok, sehingga untuk efisiensi penggunaan, alat tersebut baru dipasang apabila ada kedatangan kapal penumpang yang bersandar di terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok. (BS)


Bagikan Artikel ini ke