Berita DKI Jakarta

316



TVRI JAKARTA - Dampak pandemi covid 19 membuat sistem pelayanan masyarakat di beberapa instansi pemerintahan juga turut berubah. namun bukan berarti tidak ada solusi untuk tetap melayani masyarakat dengan maksimal. seperti halnya pelayanan yang diberikan oleh kantor kelurahan kebagusan Jakarta Selatan.

Selama diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengubah tata cara pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil) menjadi sistem berbasis online. secara teknis, ruang pelayanan tetap dibuka normal, namun dengan sistem dan protokol kesehatan yg diberlakukan sesuai dengan ketentuan PSBB.

 

“tentunya berubah yak arena ada penerapan wfh, menjadikan staff nyaman dengan jadwal piket jadi sesuai jga dengan aturan social distancing dan mengurangi pembatasan pelayanan, jadi dokumen lebih banyak di drop diolah terus dihubungi,” Muhammad Yohan, Sekretaris Kelurahan Kebagusan Jaksel

Terdapat pula sistem pelayanan yang memudahkan masyarakat untuk mengurus surat kependudukan, yaitu alpukat betawi. 

Masyarakat yang ingin mengurus dokumen dukcapil pun diimbau untuk beralih menggunakan aplikasi ini, atau melalui layanan whatsapp kepada petugas di tingkat kelurahan. 

Langkah ini sejalan dengan kebijakan PSBB, yang diberlakukan guna memutus mata rantai persebaran wabah covid-19.

Alpukat betawi merupakan salah satu bentuk akses langsung kepada warga DKI Jakarta untuk mengajukan pelayanan administrasi kependudukan.

Alpukat betawi sendiri merupakan singkatan dari akses langsung pelayanan dokumen kependudukan cepat dan akurat.

“Jadi dengan menggunakan alpukat betawi, masyarakat dapat mengurus dokumen dukcapil mulai dari akta lahir, kartu tanda penduduk elektronik (ktp-el),kartu keluarga (kk), kartu identitas anak (kia), perubahan biodata, hingga akta kematian secara online,” ujar staff pelayanan dukcapil Jakarta Selatan.

Alpukat betawi tersedia dalam versi android dan dapat diunduh melalui google play store. Selain itu, alpukat betawi juga bisa diakses melalui situs resminya https://alpukat-dukcapil.jakarta.go.id.


Bagikan Artikel ini ke