Berita DKI Jakarta

344



TVRI JAKARTA - Pemerintah melalui Kementrian Perhubungan melakukan penghapusan pembatasan penumpang pada semua  moda transportasi, meski begitu di Bandara Soekarno Hatta, tidak terlihat terlalu ramai antrian calon penumpang yang akan melakukan perjalanannya kesejumlah daerah.

Bahkan pengelola bandara terus melakukan kemudahan bagi penumpang pesawat berdasarkan Surat Edaran Gugus Tugas 07 tahun 2020, tentang dokumen yang dibutuhkan penumpang kini hanya cukup menunjukan keterangan hasil kesehatan rapid ataupun PCR dan tiket pesawat.

Peraturan pemerintah melalui kementrian perhubungan melakukan pelonggaran pembatasan penumpang pada semua moda transportasi, pembatasan penumpang yang tadinya hanya berkapasitas 50 persen kini menjadi 70 persen sebagai wujud menghadapi tatanan kehidupan baru menciptakan masyarakat yang produktif.

Pada moda transportasi penerbangan, seperti di Bandara Soekarno Hatta pemerintah juga melakukan kemudahan bagi calon penumpang jelang new normal berdasarkan surat edaran gugus tugas covid-19 nomor 07 tahun 2020 tentang dokumen persyaratan yang dibutuhkan, calon penumpang cukup menunjukkan hasil keterangan kesehatan bebas covid seperti hasil uji rapid test berlaku untuk 3 hari atau hasil uji pcr yang berlaku 7 hari.

Namun, sejak pagi di Terminal 2 Domestik Bandara Soekarno Hatta yang juga pada hari ini maskapai penerbangan Lion Air Group kembali beroperasi tidak terlihat begitu ramai dari penumpukan antrian calon penumpang yang akan melakukan perjalanannya.

Indra salah satu calon penumpang tujuan Ambon mengatakan, dibukanya kembali penerbangan Lion Air Group pada hari ini, di masa transisi ini seharusnya dibatasi agar tidak terjadi penumpukan kembali. sementara untuk pemeriksaan dokumen yang ada dibandara dirasa cukup lantaran dirinya hanya menunjukkan hasil uji rapid test dan identitas.

Dirinya juga menanggapi penghapusan pembatasan penumpang dinilai asal tidak full kapasitas sehingga tidak membuat saling lupa akan pentingnya jaga jarak atau phsycal distancing


Bagikan Artikel ini ke