Berita DKI Jakarta

190



JAKARTA, TVRI JAKARTA – Menjelang PON 2020, kontingen DKI Jakarta mempersiapkan banyak hal termasuk kesehatan tubuh. Penanganan kesehatan yang dilakukan tim medis koni DKI Jakarta untuk para atlet salah satunya berupa terapi latihan.

Pelatihan ini sudah dilakukan sejak lama, bukan saja untuk persiapan PON, tetapi sudah dilakukan bertahun-tahun. Hanya saja untuk saat ini persiapan PON Tim Kesehatan KONI DKI Jakarta melakukan tindakan rehabilitasi cidera mereka untuk persiapan PON atlet. Latihan terapi pertama yang dilakukan atlet cidera ialah konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menanyakan penyebab dan bagaimana mekanisme bisa terjadi cidera, setelah itu dilakukan pemeriksaan fisik, dan baru dilakukan terapi sesuai dengan cidera yang dirasa para atlet.

Sementara itu, fase latihan yang intens membuat beberapa atlet mengalami cidera saat berlatih. Proses rehabilitasi tentu saja para atlet datang kepada kami, tim kesehatan koni. Terapi dilakukan tidak hanya sekali saja, melainkan seminggu dua sampai tiga kali. Untuk itu, terdapat evaluasi setiap minggunya untuk memastikan kondisi atlet sudah stabil dan pulih untuk kembali ke latihannya. Dr. Monica juga menambahkan, selain terapi latihan, para atlet yang cidera juga diberikan obat Pain Killer dengan catatan bukan sebagai dopping melainkan untuk penanganan kesehatan para atlet.

“Untuk sekarang ini persiapan PON kita lebih melakukan tindakan rehabilitasi untuk persiapan para atlet.” ujar Dr. Monica, Dokter Spesialis Olahraga KONI DKI Jakarta (26/02/20). (BS)


Bagikan Artikel ini ke