Berita DKI Jakarta

301



TVRI JAKARTA - Kementerian Perhubungan (kemenhub) menerbitkan surat edaran terkait pengendalian transportasi perkeretaapian untuk mencegah penyebaran COVID19. Dalam surat edaran tersebut, penumpang diwajibkan menggunakan jaket atau pakaian lengan panjang.

Aturan tentang penggunaan jaket atau baju lengan panjang tertuang dalam Surat Edaran nomor 14 tahun 2020 tentang pedoman dan petunjuk teknis pengendalian transportasi perkeretaapian dalam masa adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran COVID19.

Dalam surat edaran ini juga diatur mengenai kapasitas penumpang dan waktu operasional kereta api yang diatur dengan memperhatikan PSBB di masing-masing daerah. Jumlah penumpang dibatasi paling banyak enam puluh persen dari kapasitas penumpang di setiap kereta.

Sementara itu, di bagian protokol kesehatan, sejumlah persyaratan yang ditetapkan bagi penumpang, yaitu menggunakan masker, membawa hand sanitizer, tidak boleh berbicara di dalam kereta, mencuci tangan, menjaga jarak sesuai dengan tanda tempat duduk dan berdiri yang ada di stasiun dan di dalam kereta, serta ada juga kewajiban yang harus dipenuhi penumpang yaitu menggunakan jaket atau pakaian lengan panjang.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melalui akun twitter resminya juga mensosialisasikan aturan ini, sebab cukup banyak pengguna KRL yang menanyakan aturan soal kewajiban menggunakan jaket atau pakaian lengan panjang di dalam KRL. "berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No.14 Tahun 2020, untuk para pengguna jasa KRL wajib menggunakan pakaian lengan panjang/jaket saat naik KRL dan juga pelindung wajah/faceshield sangat disarankan. Sebagai upaya melindungi kesehatan dari Covid-19," cuit akun Twitter @CommuterLine.


Bagikan Artikel ini ke