Berita DKI Jakarta

379



TVRI JAKARTA - Pelaku penyebar hoax atau berita bohong terkait adanya puluhan seragam tentara negara Tiongkok, di sebuah laundry wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara, berhasil ditangkap Tim Cyber Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara.

Tersangka terancam kurungan penjara, lantaran berita yang dia sebarkan tanpa memastikan kebenarannya terlebih dahulu ini, sempat viral di media sosial dan menimbulkan keresahkan di tengah masyarakat. 

Petugas Tim Cybercrime Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara, langsung melakukan penyelidikan terkait video viral yang meresahkan masyarakat tersebut. usai mendatangi seluruh tempat usaha laundry yang berada di wilayah Kelapa Gading, petugas memastikan jika informasi tersebut hoax atau tidak benar, karena tidak menemukan adanya seragam yang dimaksud dalam video tersebut.

Hal ini dipertegas dengan keterangan dari ahli tata bahasa, yang menyatakan jika tulisan yang tertera di seragam merupakan bahasa Korea Selatan. Polisi kemudian langsung melakukan pemburuan terhadap pelaku yang menyebarkan video hoax ini, dan berhasil mengamankan pelaku berinisial a-c, di tempat kediamannya di wilayah Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, menyayangkan tindakan pelaku yang menyebarluaskan informasi yang dia dapat ke sejumlah media sosial, tanpa terlebih dahulu mengecek kebenaran dari isi berita tersebut.

Saat ini pihak kepolisian masih memburu pelaku yang membuat video hoax ini. sedangkan tersangka penyebaran berita bohong ini, dikenakan pasal 45 huruf A junto pasal 28 undang undang ITE, dengan ancaman hukuman enam tahun penjara.


Bagikan Artikel ini ke