Berita DKI Jakarta

221



TVRI JAKARTA - Kantor wilayah kemenkumham banten, berinisiatif mengalang relawan uji klinis vaksin virus corona atau COVID19, hasilnya terdapat seribu lebih warga binaan yang telah mendaftar dan tersebar di 12 lembaga pemasyarakatan di wilayah Banten.

Di lapas Klas 1 dewasa, Tangerang, saat ini sudah terdapat 26 warga binaan yang siap menjadi relawan uji klinis vaksin virus COVID19, namun harus dipastikan tidak mempunyai penyakit kronis atau bawaan.

Puluhan warga binaan lembaga pemasyarakatan Klas Satu, Tangerang, telah mendaftarkan diri menjadi relawan uji klinis vaksin virus COVID19, berbagai rangkaian telah dijalani mulai dari tes kesehatan seperti rapid test hingga membuat surat pernyataan dan ijin dari pihak keluarga.

Namun nantinya ada tim kusus dari kesehatan yang memutuskan apakah warga binaan dapat dijadikan sample uji klinis yang kini sudah masuk tahap tiga.

Dari dua puluh enam warga binaan di Klas Satu, Tangerang, yang menjadi relawan merupakan napi yang sedang menjalani proses masa hukuman, hampir dari semua kasus kriminal, mulai dari kasus narkoba hingga tindak pidana kejahatan, namun pada saat sosialisasi tentang relawan uji klinis vaksin virus COVID19, mereka dengan kesadaran diri sendiri ingin menjadi bagian uji klinis vaksin COVID19. 

Bagi Suryadi, warga binaan, mengatakan mengetahui pendaftaran menjadi relawan dari pengurus lapas, sudah menandatangani surat serta ijin dari pihak keluarga, mau menjadi relawan vaksin COVID19, karna untuk berbakti pada negara sementara korban sudah banyak.

Sementara Jumadi, Kalapas Klas 1 dewasa Tangerang, menjelaskan dari hasil pendataan sementara sudah ada 26 warga binaan yang ingin menjadi relawan vaksin, namun nanti ada proses pemeriksaan kesehatan dari tim khusus guna memastikan keriteria tidak mempunyai penyakit kronis yang bakal menjadi relawan.

Sejauh ini di Tangerang ada lima lembaga pemasyarakatan, baik dari lapas pria dan wanita banyak yang sudah mendaftar diri, sehingga total dari 12 lapas dibawah kantor wilayah kemenkumham banten ada seribu lebih yang sudah mendaftar menjadi relawan.


Bagikan Artikel ini ke