Berita DKI Jakarta

360



TVRI JAKARTA - Ratusan pengemudi angkutan umum dan ojek online, mengikuti rapid tes gratis yang di gelar Kementerian Perhubungan, di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat. Rapid test sengaja di khususkan bagi para pengemudi angkutan umum dan ojol, mengingat aktivitas mereka yang kerap berinteraksi dengan banyak penumpang, membuat rentan terpapar virus covid19.

Satu persatu, pengemudi angkutan umum seperti pengemudi taksi konvensional, taksi online dan ojek online, bergiliran mengikuti tes guna mendeteksi keberadaan virus di tubuh mereka.

Rapid test khusus bagi para pengemudi angkutan umum ini sengaja digelarmengingat aktiitas mereka yang kerap berinteraksi dengan banyak penumpang, membuat mereka rentan terpapar virus covid19
Sejumlah pengemudi pun mengaku senang karena mendapat perhatian lebih dari pemerintah, untuk bisa mengetahui kondisi kesehatan mereka saat ini 

“bagus sih, biar tau juga kondisi kita, jadi sangat membantu.” kata Tirta, pengemudi taksi.

Meski akurasinya masih jauh lebih  rendah ketimbang metode P-C-R, namun rapid test dianggap cukup signifikan dalam mendeteksi kasus positif covid-19.

“hari ini menggunakan metode drive thru, ini juga diakukan satusatu dulu, kalau berhasil nanti akan dilakukan kembali. Kenapa saat ini sasaran kita adalah pengemudi, karena pengemudi setiap hari bertemu orang dan berpotensi.” ujar Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub.

Sedikitnya, 200 pengemudi telah mengikuti rapid tes tahap pertama. Nantinya hasil tes tersebut akan dikabarkan langsung oleh tim medis melalui pesan singkat kepada masing - masing peserta rapid.


Bagikan Artikel ini ke