Berita DKI Jakarta

307



JAKARTA – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta mensimulasikan dua robot pemadam kebakaran berjenis LUF 60 dan Dok-ing MFV-U3 untuk mengurai material kebaran dan penyelamatan.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta mensimulasikan dua robot pemadam kebakaran berjenis LUF 60 dan Dok-ing MFV-U3 dari Kroasia. Kedua unit robot ini berupa kendaraan berat yang dikendalikan dari jarak jauh dengan dilengkapi alat pengukur suhu panas dan kamera menggunakan remote control unutk mengantisipasi keamanan sistem transportasi Light Rail Trans (LRT) dan Moda Raya Terpadu (MRT).

Personel yang mengoperasikan remote control sudah dilatih sebelumnya di lokasi LRT dan MRT dan sudah bersertifikat dunia. Selain untuk antisipasi keamanan fasilitas MRT dan LRT, robot damkar jarak jauh ini juga dimanfaatkan untuk menangani kebakaran di sejumlah zona yang dapat membahayakan petugas, misalnya saat berada di pabrik, gudang bahan kimia dan kilang minyak.

Kedua alat tersebut menggunakan baterai yang bertahan hingga 6 jam dan ditepatkan di tempat yang strategis dan cepat dalam menangani kebakaran. (BS)


Bagikan Artikel ini ke