Berita JAWA BARAT

55



Kawasan Hutan Negara di wilayah Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor kembali ditutup aparat gabungan setelah sebelumnya ditutup oleh Dirjen Penegakan Hukum. Perhutani KPH Cibinong sebagai pemangku wilayah hutan seolah tidak pernah bersikap tegas dengan adanya perusakan lingkungan yang berada di dalam wilayah kerjanya.

Masih ditemukan sejumlah pengelola lahan kehutanan negara yang melanggar tanpa adanya perizinan bahkan merusak hutan dan lahan yang sudah berlangsung sejak lama. Kerusakan ini ditemukan di Jalur Puncak Dua seperti Klapanunggal, Jonggol, juga Sukamakmur yang menjadi magnet bagi makelar lahan liar.

Bahkan, menurut informasi dari aparat gabungan, penambangan liar galian C ini bermodus kerjasama penanaman bibit pohon bersama Perhutani KPH Cibinong. Namun ternyata merusak alam dengan membuat tambang liar hingga lahan tandus dan kesulitan air bersih meski sedang musim penghujan.

Dari penyegelan tersebut, Tim Aparat Gabungan juga mengamankan beberapa alat berat seperti belasan eskavator dan dump truck serta beberapa orang penanggung jawab ke Polres Bogor.

(Saeful Hardi)


Bagikan Artikel ini ke