Warga Surianeun Patia Bertahan di Tengah Banjir

TVRI Jakarta

31 - Jan - 2021 14:20

Berita - DKI Jakarta

Berita

TVRI Jakarta - Ratusan rumah di Desa Surianeun Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang Banten terendam banjir akibat meluapnya sungai Cilemer. Setalah hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak tiga hari lalu mengakibatkan ketinggian banjir sekitar satu meter. Meski demikian, warga masih bertahan dikediamannya masing-masing.

Warga di Desa Surianeun Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang Banten yang terendam banjir akibat luapan sungai Cilemer terpaksa masih bertahan dikediamannya masing-masing dikarenakan tidak adanya posko pengungsian padahal luapan banjir setelah hujan deras 3 hari berturut-turut semakin  tinggi.

Salah seorang warga, Diah mengatakan ia terpaksa tetap bertahan dikarenakan tidak adanya posko pengungsian. Ia juga mengatakan jika hujan terus berlangsung dan luapan sungai Cilemer semakin tinggi maka banjir akan semakin meluap ia juga sudah antisipasi untuk mengungsi ke dataran lebih tinggi.

“Di sini aja, enggak kemana-mana. Soalnya ibu mah sudah biasa (banjir)," kata Santi warga setempat.

Sementara itu, pemuda di Desa Surianeun mulai berkeliling memantau debit air dari sungai Cilemer dengan menaiki perahu yang terbuat dari pohon pisang. Ronda malam sudah sering dilakukan meskipun dalam situasi banjir  satu per satu pintu tempat tinggal warga pun disisir untuk memastikan kondisi mereka di dalam rumah.

"Di sini itu kan banjirnya udah jadi langganan, warga juga udah biasa. Nanti malem nih, yang bapak-bapaknya mau saya kumpulin buat siaga, takutnya air naik lagi," terang Kepala Desa Surianeun Buang

Selain memantau kondisi warga para pemuda ini juga memberikan bantuan jika ada orang yang hendak keluar saat malam hari. Termasuk jika ada warga yang tiba-tiba kekurangan logistik di tengah kepungan banjir tersebut. Desa  Surianeun diketahui menjadi salah satu lokasi paling parah yang terkena dampak banjir akibat tingginya intensitas hujan di Pandeglang, Banten di desa ini tercatat ada 518 keluarga yang memilih tetap bertahan di rumah meskipun dikepung genangan banjir.

Terbaru dari Instagram