Warga Terdampak Peregerakan Tanah Pindahkan Peralatan Rumah Tangga

TVRI Jakarta

16 - Feb - 2021 11:28

Berita - DKI Jakarta

Berita

TVRI Jakarta - Warga terdampak pergerakan tanah di Kampung Jampang, Desa Sudamanik, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten memindahkan peralatan rumah tangga mereka ke tempat yang lebih aman. Ini dilakukan karena kondisi rumah mereka yang terus mengalami kerusak akibat pergerakan tanah yang hampir setiap hari terjadi.

Dalam beberapa pekan ini warga Kampung Jampang, Desa Sudamanik , Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten mulai resah dan dihantui ketakutan. Hal ini terjadi akibat pergerakan tanah di kampung mereka terus terjadi. Apalagi di saat kondisi hujan seperti saat ini, bahkan ada sebagian rumah jika turun hujan terendam air yang keluar dari dalam tanah.  

Tercatat ada empat puluh satu rumah warga mengalami kerusakan , mulai dari kerusak sedang, kerusakan parah dan nyaris roboh, lima diantaranya sudah roboh rata dengan tanah. Warga pun mulai memindahkan peralatan rumah tangga mereka ke tempat yang lebih aman. sedangkan warga yang rumah mengalami kerusakan parah dan roboh terpaksa mengungsi dan tinggal di rumah sanak famili mereka.  

Sumarni salah satu warga mengatakan  sudah sebagian peralatan rumah tangga yang dimilikinya dipindahkan ke tempat yang lebih aman karena rumahnya sudah miring dan hampir roboh.

Sementara Nurlela warga Kampung Jampang lainya mengaku hampir setiap hari dirinya dihantui ketakutan karena pergerakan tanah masih terjadi bahkan jika turun hujan dapur dan kamar tidurnya tergenang air yang keluar dari dalam tanah.

“ngerasa setiap hari tanah ini selal bergerak, liat aj aitu dapur udah parah banget,” ujarnya.

Warga berharap agar pemerintah atau instansi terkait segera memperhatikan kondisi mereka.

Terbaru dari Instagram