Berita TVRI Nasional

1023



Penandatanganan protokol kerja sama antara TVRI dengan TRT (Televisi Radio Turki) telah dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2018 lalu di kota Asghabat, Turkmenistan. Prospek Kerja sama bilateral antara TVRI dengan TRT telah dibahas sejak lama, dimulai sejak delegasi TVRI menghadiri Sidang Umum ke-52 Asia Pacific Broadcasting Union (ABU) yang lalu di Istanbul, Turki, pada tahun 2015.

 

Pending Issue ini kemudian disampaikan kepada Direksi baru TVRI periode 2017–2022. Direktur Utama LPP TVRI Helmy Yahya meminta agar prospek kerja sama tersebut untuk segera dikomunikasikan kembali dengan pihak TRT agar dapat direalisasikan segera.

 

Setelah melalui komunikasi yang intensif, TVRI dan TRT kemudian bersepakat untuk menandatangani protokol kerja sama tersebut disela-sela berlangsungnya kegiatan Sidang Umum ABU di Ashgabat, Turkmenistan. Protokol kerja sama ditandatangani bersama oleh Direktur Utama LPP TVRI Helmy Yahya, dan Direktur Jenderal TRT Ibrahim Eren.

 

Pada Sidang Umum ke- 55 Asia Pacific Broadcasting Union (ABU) kali ini Helmy Yahya tampil sebagai salah seorang pembicara dalam Forum Super Panel, dilaksanakan tanggal 5 Oktober 2018 di Yyldyz Hotel. Beliau berbicara pada sesi ke-2 forum tersebut dengan tema Making the Future Work For Public Broadcasters. Helmy Yahya juga menjelaskan mengenai hal-hal yang telah beliau lakukan bersama para direksi  TVRI dalam delapan bulan masa jabatan sejak mengemban tugas sebagai Direktur Utama LPP TVRI. 

 

Dalam perjanjian kerjasama tersebut TVRI dan TRT akan berpartisipasi dalam masing-masing Festival-festival TV, kompetisi dan pertunjukan budaya di Negara masing-masing. Disebutkan bahwa setelah ditandatanganinya perjanjian ini kedua belah pihak akan memperoleh hak terhadap program-program televisi yang dibebaskan dari biaya lisensi.

 

Disebutkan oleh Helmy Yahya akan ada penayangan drama klasik Turki yang kemungkinan akan mengisi layar TVRI dalam waktu yang dekat ini bersama drama lainnya yang telah ditayangkan seperti Feather Flies to The Sky, Little House on The Prairie dan Oshin.

 

 


Bagikan Artikel ini ke