Antusias dan Semangat Belajar dari Pers Mahasiswa Perbanas Warnai Rangkaian Kunjungan Industri di LPP TVRI

Rizki

17 - Jul - 2022 08:42

Kegiatan - Nasional

Berita
Berita
Berita

Jakarta (14/07/2022) — LPP TVRI kembali menerima kunjungan industri yang berasal Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKM) “Dinamika New Image” Perbanas Institute pada Kamis, 14 Juli 2022. Kedatangan dari teman-teman UKM Dinamika New Image disambut dengan gembira oleh pelaksana Humas LPP TVRI.

Kegiatan kunjungan industri diawali dengan briefing di lobi Gedung Pusat Produksi Siaran (GPPS) dan selanjutnya peserta kunjungan segera melangkah menuju Studio 5 TVRI untuk menyaksikan rekaman Halo Dokter. Antusias dari peserta kunjungan membuat rangkaian tur terasa semarak dan berwarna.  Beberapa kali peserta kunjungan mengabadikan momen-momen di studio dengan menggunakan ponselnya. Mereka pun menyaksikan proses syuting Halo Dokter dengan begitu seksama.

Usai menyaksikan syuting Halo Dokter di Studio 5 Halo Dokter, peserta kunjungan yang dipandu oleh Humas LPP TVRI menuju Sub Control Studio 5 dan terus berlanjut menuju Production Control dan Master Control. Di tempat tersebut, Mas Robi, salah satu karyawan control room memberikan penjelaskan yang sangat informatif kepada peserta kunjungan mengenai fungsi dasar dari ruangan serta alat-alat yang ada.

Rasa semangat masih terus menyelimuti seluruh peserta disertai dengan antusias yang tinggi serta ambisi untuk meraih ilmu-ilmu baru tentang pertelevisian. Kegiatan kunjungan dilanjutkan ke Auditorium TVRI untuk melihat proses pemasangan dekorasi acara, dan Newsroom Studio 4 menjadi tempat kunjungan berikutnya. 

Rangkaian kegiatan kunjungan terus berlanjut hingga berujung di Studio 2 Pusdiklat LPP TVRI. Di tempat ini, Ketua Tim Perencana Diklat Manajemen Pusdiklat LPP TVRI, Ibu Ade Wandina menjelaskan mengenai sejarah TVRI dan Pusdiklat LPP TVRI. Beliau menyampaikan bahwa LPP TVRI memiliki program pelatihan kompetensi di Pusdiklat LPP TVRI yang dapat diikuti oleh publik. Sesi tanya jawab yang hadir kemudian menjadi semakin menyenangkan karena Ibu Ririk dari Pusdiklat telah menyediakan bingkisan bagi tiga orang mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan mengenai Pusdiklat dan LPP TVRI. 

Selanjutnya perwakilan dari Perbanas Institute,  Kak Salwa Ramadhan (Pemimpin Redaksi UKM Dinamika New Image) menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk melakukan Kunjungan Industri di LPP TVRI. Kak Salwa juga menyampaikan alasannya dalam memilih LPP TVRI sebagai lokasi kunjungan karena TVRI merupakan stasiun televisi pertama di Indonesia.

 “Tahun ini kita memilih TVRI karena kita tahu bahwa TVRI adalah stasiun TV paling lama, dan banyak yang bisa kita pelajari dari sini. Intinya kita berterima kasih banyak sudah diterima di sini dan sudah disambut sangat baik.”, papaar Kak Salwa Ramadhan.

Kebersamaan masih terus berlanjut, dan kali ini giliran Kak Januar dari Humas LPP TVRI yang memberikan sharing session mengenai pengalamannya mengikuti pelatihan di Pusdiklat TVRI. Kak Januar menjelaskan mengenai mobile journalism, dan juga mengenai website TVRI. Pembawaan Kak Januar yang menghibur menghadirkan suasana segar dan bersemangat dalam sesi sharing ini.

Ketua Pelaksana Perbanas Jurnalistik Internal 2022, Aulia Raddin menyampaikan pesan dan harapannya kepada LPP TVRI. 

“Acara kunjungan industri di TVRI hari ini sangat seru, karena dari awal kita diajak ke bagian master control dan ke bagian lainnya. Terus juga melihat perbedaan situasi antara auditorium dan news room. Pesannya buat TVRI semoga pada kunjungan industri ke depannya bisa lebih seru lagi seperti ditambahkan games atau challenge-challenge.”, papar Aulia Raddin.

“Kesan dan pesan saya saat berkunjung di TVRI sih seru, terus jadi tahu visi dan misi TVRI yaitu nyiarin berita yang gak biasa, walaupun sebenarnya TVRI gak mandang rating. Harapannya sih semoga TVRI konsisten sama pendiriannya yang gak ngikutin rating-rating TV lain.”, lanjut Ian Hidayat selaku Redaktur Pelaksana dari Perbanas Institute.  

Kunjungan industri dapat menjadi salah satu sarana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai dunia pertelevisian. Melalui langkah kecil untuk belajar hal baru tentu akan membawa kita kepada keberhasilan dan kesuksesan. 

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama yang menjadi semakin meriah ketika para mahasiswa membuat video slogan TVRI dengan meneriakkan semangat, “TVRI.. Media Pemersatu Bangsa!!!”

Humas dan Protokol LPP TVRI

Terbaru dari Instagram