Bertekad Tingkatkan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik, LPP TVRI Gelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Rizki

11 - May - 2022 17:25

Kegiatan - Nasional

Berita
Berita
Berita

Jakarta (11/5/2022) – Dalam rangka menilai tingkat kematangan Kinerja LPP TVRI Kantor Pusat dan Stasiun Penyiaran Daerah dalam rangka meningkatkan indeks Reformasi Birokrasi menuju penilaian yang lebih baik, LPP TVRI selenggarakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan pada Rabu, 11 Mei 2022 bertempat di Century Park Hotel, Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Narasumber dari Kementerian PAN RB, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Erwan Agus Purwanto dan Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan I, Akhmad Hasmy.

Reformasi Birokrasi (RB) merupakan kegiatan mempercepat tercapainya Tata Kelola Pemerintahan yang baik (good governance) di seluruh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah sehingga terwujud 3 sasaran RB yaitu pemerintahan yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel dan pelayanan publik yang prima.

Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno, membuka kegiatan ini dengan menyampaikan bahwa kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan RB merupakan kelanjutan dari penilaian Kementerian PAN RB yang disampaikan pada tanggal 20 April 2022 lalu. Pada tahun 2021 penilaian indeks RB LPP TVRI mendapat kenaikan 4 poin dari tahun 2020 menjadi 56,65 persen.

Berdasarkan evaluasi yang telah dilaksanakan, terdapat kenaikan hampir 4 persen pada komponen pengungkit dari nilai 25,36 pada tahun 2020 menjadi 28.47 persen dari skala 60 persen pada tahun 2021. Sedangkan pada komponen hasil, kenaikan hanya 1 poin dari nilai 27,23 pada tahun 2020 menjadi 28.18 pada tahun 2021.

Iman Brotoseno berharap koordinasi dan sosialisasi mengenai program RB di lingkungan LPP TVRI harus terus dijalankan, tidak hanya di TVRI Pusat, namun juga merata ke semua TVRI Stasiun Daerah sehingga RB ini dapat membawa perubahan yang lebih baik pada TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik, dan pada akhirnya bisa memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Erwan Agus Purwanto, menyampaikan bahwa RB juga sebagai tools percepatan prioritas kerja Presiden dan pembangunan nasional mengingat 5 prioritas kerja Presiden 2019 – 2024 yang meliputi: pembangunan SDM, mempercepat dan melanjutkan pembagunan infrastruktur, mengundang investasi seluas-luasnya untuk membuka lapangan pekerjaan, Reformasi Birokrasi dan APBN yang fokus dan tepat sasaran.

Erwan Agus Purwanto menambahkan perkembangan nilai Sakip dan RB LPP TVRI pada tahun 2021 sebagai berikut:

  • Nilai Sakip LPP TVRI terus meningkat setiap tahun namun tidak signifikan (stagnant di angka 50-55) dan berada pada predikat “CC” dalam empat tahun terakhir.
  • Indeks Reformasi Birokrasi LPP TVRI hampir sama dengan nilai Sakip, terus meningkat setiap tahun namun tidak signifikan (stagnant di angka 50-56) dan berada pada predikat “CC” dalam empat tahun terakhir.

Ketua Dewan Pengawas LPP TVRI, Pamungkas Trishadiatmoko menegaskan bahwa Reformasi Birokrasi harus dilakukan secara menyeluruh dan membutuhkan dukungan dari seluruh karyawan LPP TVRI. Jajaran Dewan Pengawas dan Dewan Direksi memandang bahwa Reformasi Birokrasi adalah sebuah keniscayaan yang harus dilaksanakan oleh TVRI yang merupakan Lembaga Penyiaran Publik. Diharapkan dengan adanya dukungan ini maka kualitas Reformasi Birokrasi di LPP TVRI akan terus meningkat setiap tahunnya.

Kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi juga dihadiri oleh Anggota Dewan Pengawas, Maryuni Kabul Budiono, Supra Wimbarti, Dewan Direksi, Kepala Stasiun TVRI tipe A yang hadir secara langsung, Kepala Stasiun TVRI tipe B dan C yang hadir secara daring, Kepala Puslitbang LPP TVRI, Eflianty Analisa, Kepala Pusdiklat merangkap Plt. Kepala SPI LPP TVRI Tri Widiarto, serta pejabat struktural dan fungsional di lingkungan LPP TVRI.

Penulis: Rizki Octavian

Penyunting: Chaerini

 

Terbaru dari Instagram