Kenang Pengabdian di TVRI, Purnabhakti dan Penyiar Tempo Dulu Meriahkan Acara “Kenangan Masa”

Januar

02 - Aug - 2022 13:04

Kegiatan - Nasional

Berita
Berita
Berita

Meriahnya Auditorium TVRI, Jumat 29 Juli 2022 diwarnai canda tawa dan obrolan pelepas rindu.

“Wah awet muda betul nih Abangku! Apa saja kegiatannya sekarang?”

“Bertahun-tahun tidak ketemu, kok dikau nggak berubah? Apa resepnya?”

“Aiiih...cantik dan segar banget! Bagaimana kabarnya?”

“Hayoooo...masih ingat saya tidak. Siapa saya hayoooo...”

Dengan balutan busana bernuansa merah putih, semua yang hadir di Auditorium siang itu mengusung semangat kangen-kangenan mengenang masa-masa ketika berdinas di TVRI.

Kebersamaan para purnabhakti TVRI bersama penyiar-penyiar tempo dulu terekam dalam program musik spesial yang akan ditayangkan pada tanggal 24 Agustus 2022, tepat pada HUT ke-60 TVRI dengan judul “Kenangan Masa”. Acara ini dibawakan oleh salah satu penyiar ternama, sekaligus reporter dan pewawancara tempo dulu, Usi Karundeng, yang berduet bersama Miing Bagito.

Program musik ini menampilkan penyanyi lama bersuara empuk dan merdu Dian Piesesha, maestro Saxophone Didi SSS, serta penyiar-penyiar masa lampau yang bukan saja hobby menyanyi tetapi juga jago menyanyi bak penyanyi profesional. Nama-nama beken pada masanya seperti Mariana Ramelan, Bonita dan Shafira,  tampil menyanyi dalam acara musik spesial ini.

Ada kebanggaan sekaligus keharuan yang dirasakan para sesepuh TVRI karena mereka telah mengalami peristiwa-peristiwa penting dalam perjalanannya mengabdi di stasiun televisi pertama tanah air ini.

Lahir 60 tahun yang lalu membawa misi bangsa Indonesia untuk tampil dan dikenal dunia sebagai bangsa yang besar, perjalanan perkembangan TVRI diwarnai dengan beragam peristiwa monumental.

Tokoh TVRI dan tokoh pertelevisian tanah air, Ishadi SK yang juga hadir dalam perekaman acara “Kenangan Masa” menceritakan tentang peran besar TVRI ketika menyiarkan secara langsung peluncuran Satelit Palapa pertama A1 tahun 1976. Sebuah tonggak kemajuan teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia.

“Saat itu Indonesia adalah negara ke-3 di dunia yang memiliki satelit, setelah Amerika Serikat dan Kanada”, ucap penerima Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama pada tahun 2021 lalu.

Di antara penggagas acara, ada penyiar berita tempo dulu, yang kini berprofesi sebagai notaris, Munyati Sulam. Juga ada Produser Musik yang kini Purnabhakti Iwan Rahmawan, serta Editor Budi Utomo.

Kekuatan kolaborasi antara tim senior TVRI dengan tim produksi di bawah pimpinan Produser Eksekutif Musik Denny, dan Produser Acara Suryono menciptakan suasana syuting di Auditorium sarat dengan energi kreativitas tinggi.

Dengan sigap dan cekatan, tim produksi menangkap ide para penggagas acara, mengatur panggung, mengarahkan semua personil yang terlibat perekaman, termasuk mengarahkan para penyiar senior dan purnabhakti dalam menyanyi, bergaya dan bergoyang di panggung.

PD, Asisten PD, Stage Manajer dan FD dalam ajang musik spesial ini, yang kesemuanya adalah pekerja-pekerja muda produksi musik, menunjukkan kepiawaiannya. Salut untuk Karina, Karlina, Fajar, Hermas, Deny Prasetyo, Rendra, Johanes dan Fara. Thumbs Up!!

Pendek kata, rekaman “Kenangan Masa” terlaksana sukses. Kini, mari kita tunggu penayangannya pada Hari Ulang Tahun ke 60 TVRI tanggal 24 Agustus 2022.

TVRI, Media Pemersatu Bangsa!!

 

Penulis: Roosita Dewi Soeroso

Penyunting: Chaerini

Terbaru dari Instagram