Kegiatan LAMPUNG

1072



Data BPS pada September 2020 menjelaskan jumlah penduduk Lampung mencapai 9,01 juta jiwa. Diperkirakan 62% diataranya berasal dari suku Jawa.

Hal itulah yang melatarbelakangi TVRI Lampung menyiarkan pertunjukan wayang kulit yang diproduksi TVRI Jawa Tengah dan direlay oleh 3 stasiun TVRI yaitu, TVRI Jawa Timur, TVRI Yogyakarta dan TVRI Lampung di chanel digital.

Bersamaan dengan perayaan HUT ke-25 TVRI Stasiun Jawa Tengah, dilaksanakan penandatangan Nota Kesepahaman antara TVRI Jawa Tengah, TVRI Jawa Timur, TVRI Yogyakarta dan TVRI Lampung dengan Universitas Indraprasta PGRI Jakarta (Unindra) dalam bentuk penyiaran program budaya yang berisi pertunjukan program-program budaya seperti Pergelaran Wayang Kulit, Ketoprak dan Wayang.

Penandatangan dilakukan oleh Kepsta TVRI Jawa Tengah Sifak, Kepsta TVRI Jawa Timur Akbar Sahidi, Kepsta TVRI Yogyakarta Tri Widiarto dan Kepsta TVRI Lampung Herly Marjoni, dengan Rektor Unindra Prof. Dr. H. Sumaryoto di ruang rapat GPO TVRI pada Sabtu malam, 29 Mei 2021. Penandatangan tersebut juga disaksikan Dewan Pengawas LPP TVRI Maryuni Kabul Budiono dan Direktur Keuangan LPP TVRI Tellman Wienfrieds Roringpandey.

Kepsta TVRI Lampung Herly Marjoni berterima kasih kepada Rektor Unindra Prof.Soemaryoto, karena kerjasama ini menjadi berkah bagi masyarakat Lampung dapat menyaksikan program wayang kulit milenial dengan dalang muda berbakat sangat ditunggu penampilannya yaitu Ki Herjuno Pramariza. Menurut Herly Marjoni pagelaran wayang ini akan menjadi tontonan sekaligus tuntunan karena cerita pewayangan memberikan ajaran kebaikan. Konon, wayang kulit juga digunakan oleh walisongo sebagai media menyebarkan ajaran agama Islam.

Penulis : Liviyanti


Bagikan Artikel ini ke