LPP TVRI Kembali Targetkan WTP Untuk Laporan Keuangan TA 2021

Januar

13 - Apr - 2022 11:58

Berita - Nasional

Berita
Berita
Berita

Bogor (11/04/2022) - Direktur Utama LPP TVRI menghadiri Rapat Pembahasan Usulan Jurnal Koreksi Audit atas LK LPP TVRI TA 2021. Acara yang dilaksanakan di ruang rapat Hotel 101 Bogor Suryakencana pada tanggal 11 April 2022 juga dihadiri oleh Direktur Keuangan LPP TVRI, Direktur Umum LPP TVRI, Kepala Puslitbang LPP TVRI, Pengendali Teknis BPK RI, Perwakilan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, narasumber dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI serta Tim Pemeriksa LK TA 2021 BPK RI.

Dalam sambutannya Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno mengatakan bahwa pelaksanaan pemeriksaan telah berjalan sesuai dengan jadwal pemeriksaan, yaitu menginjak tahap penyampaian konsep temuan pemeriksaan, pembahasan temuan dan perolehan tanggapan dari entitas yang diperiksa, serta pembahasan jurnal koreksi. Pembahasan temuan pemeriksaan dan jurnal koreksi merupakan salah satu bentuk komunikasi audit yang harus dimanfaatkan dengan seefektif dan seefisien mungkin oleh tim pemeriksa dan LPP TVRI sehingga temuan pemeriksaan, termasuk jurnal koreksi, dapat dimengerti dan ditindaklanjuti dengan baik.

“Saya berharap dengan terlaksananya rapat ini, LPP TVRI dapat menyajikan laporan keuangan yang berkualitas, relevan dan handal, sehingga pada akhirnya LPP TVRI mendapatkan kembali opini Wajar Tanpa Pengecualian.” imbuh Iman Brotoseno kepada seluruh peserta rapat.

Direktur Umum LPP TVRI Meggy Theresia Rares juga memberikan arahan dan menyampaikan bahwa dalam prakteknya, sistem akuntansi keuangan dan sistem akuntansi barang dilaksanakan secara simultan dalam rangka menyusun laporan pertanggungjawaban Kementerian/Lembaga. SIMAK dan BMN selain mendukung laporan pertanggungjawaban juga memberikan berbagai informasi mengenai pengelolaan barang. Oleh karena itu keluaran SIMAK BMN juga memberikan manfaat bagi pengguna barang dan kuasa pengguna barang dalam tugas-tugas manajerialnya.

“Laporan yang tersaji dalam SIMAK BMN merupakan penunjang dari laporan kegiatan yang baik dan tepat secara keseluruhan. Berkaitan dengan kegiatan hari ini saya berharap dapat tercapai kesepakatan tiga pihak sebagai sinergi dan kerjasama untuk memperbaiki akuntabilitas laporan keuangan pada LPP TVRI.” tegas Meggy Theresia Rares.

“Hari ini kita sudah memulai menyusun bersama jurnal hasil dari perbaikan aplikasi yang terintegrasi dengan SAKTI, rekan-rekan yang hadir disini sudah bekerja untuk menyusun laporan keuangan bersama dengan tim dari BPK RI. Kami mencoba untuk berupaya agar laporan keuangan final dapat diselesaikan paling lambat tanggal 13 dan saya berharap agar kita bisa menghasilkan laporan yang handal, relevan dan akuntabel untuk tahun anggaran 2021 sehingga TVRI bisa menghasilkan opini wajar tanpa pengecualian.“ imbuh Tellman Wienfrieds Roringpandey selaku Direktur Keuangan LPP TVRI pada saat penyampaian laporan kegiatan.

Pelaksanaan pemeriksaan Laporan Keuangan LPP TVRI TA 2021 oleh BPK RI sudah berjalan selama kurang lebih empat bulan. Saat ini LPP TVRI sedang memasuki proses pemeriksaan akhir dan diharapkan agar Laporan Keuangan LPP TVRI Tahun Anggaran 2021 dapat segera rampung dan menjadi laporan yang tepat dan akuntabel.

Penulis : Priska Novita Marintan

Penyunting: Chaerini

Fotografer Kozin

Terbaru dari Instagram