PERKUAT HUBUNGAN BILATERAL, PRESIDEN JOKOWI DAN PRESIDEN BIDEN BAHAS 4 HAL PENTING

Endah

03 - Nov - 2021 00:41

Berita - Nasional

Berita

Jakarta – Conference of the Parties (COP26) atau diartikan sebagai Pertemuan Para Pihak kembali digelar. Tahun ini, COP26 diadakan di Glasgow, Skoltlandia, Inggris Raya pada 1-12 November 2021. Dalam forum ini, terdapat 197 negara yang hadir, diwakili oleh kepala negaranya masing-masing. Pertemuan ini membicarakan tentang cara menanggulangi isu perubahan iklim global. Salah satu kepala negara yang hadir adalah Presiden Joko Widodo dan Presiden Joe Biden. 

Dalam COP26 ini, Presiden Joko Widodo bersama Presiden Joe Biden membahas 4 hal penting. Pertama, Indonesia menghargai kerja sama di bidang kesehatan sejak pandemi terjadi dari penerimaan stok vaksin melalui mekanisme dose-sharing, ventilator, obat-obatan teurapeutik, hingga alat kesehatan lainnya.
Kedua, Presiden Joko Widodo mengatakan pentingnya memperkuat kerja sama ekonomi terutama dalam pengembangan ekonomi hijau. Menurut Presiden Jokowi, Indonesia dapat menjadi mitra kerja sama ekonomi yang meyakinkan. Ketiga, mengenai perubahan iklim, Presiden Jokowi menegaskan komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi karbon. Indonesia telah menunjukkan hasil yang baik dalam menurunkan tingkat deforestasi secara signifikan dan tingkat kebakaran hutan yang berada pada titik paling rendah dalam 20 tahun. Terakhir, mengenai presidensi Group of Twenty (G20) Indonesia, Jokowi sangat menghargai dukungan Amerika Serikat terhadap presidensi Indonesia yang mengambil tema "Recover Together, Recover Stronger". Upaya terus-menerus untuk mendorong akomodasi keberagaman akan menjadi kunci presidensi Indonesia tahun depan.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan, "Kita harus jadikan G20 relevan, tidak saja bagi anggotanya, tetapi juga bagi dunia utamanya negara berkembang." Selain itu, Presiden Jokowi dan Presiden Biden juga melakukan diskusi mengenai berbagai isu Internasional, antara lain demokrasi, Myanmar dan Afghanistan. Pertemuan hangat dan bersahabat antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Biden berlangsung selama satu jam.

Terbaru dari Instagram