Berita LAMPUNG

1055



Menjelang perayaan Tahun Tahun Baru Cina atau imlek 2572 Tahun 2021 sejumlah Vihara melakukan persiapan, namun di tengah pandemi Covid 19 pihak Vihara membatasi jamaah yang akan melakukan ibadah dengan waktu yang telah di tentukan.

Sejumlah persiapan menjelang perayaan tahun Baru Cina atau Imlek 2572 terus dilakukan pengurus Kelenteng atau Vihara. Seperti yang terlihat di vihara yang terkenal di Lampung yaitu Thay Hin Bio Di Jalan Ikan Kakap Pesawahan Teluk Betung Selatan, sejak beberapa hari lalu pihak vihara mulai melakukan pembersihan. Serta sejumlah persiapan menyambut datangnya Imlek tahun ini petugas mempersiapkan berupa lilin ukuran besar maupun sedang untuk acara sembahyang peringatan Tahun Baru Imlek. Meski begitu ada yang berbeda dalam perayaan tahun baru Cina kali ini, biasanya perayaan malam tahun baru berlangsung hingga pagi namun karena pandemi Covid-19 pihak Vihara membatasi jemaah untuk beribadah hingga pukul 21.30 WIB. Sementara ibadah umum akan dilakukan di rumah masing- masing  mengikuti anjuran pemerintah terkait pemberlakuan jam kegiatan untuk mencegah penyebaran covid 19. Selain penerapan pembatasan jam ibadah pihak pengelola kelenteng Thay Hin Bio menyediakan sarana protokol kesehatan seperti masker  cuci tangan dan memberlakukan perketatan prokes kepada jemaah. Virya parama pengurus Vihara Thay Hin Bio menjelaskan dalam perayaan malam pergantian Tahun Baru Cina kali ini tidak ada atraksi pertunjukan barongsai maupun pesta kembang api.

Malam pergantian Tahun Baru Imlek 2572 tahun ini akan digelar pada jumat malam  11 februari 2021 mendatang dengan melakukan pembatasan jumlah peserta ibadah sebanyak 30 orang dan melakukan pengetatan protokol kesehatan.

Penulis : Agus MH
 


Bagikan Artikel ini ke