Siapkan Evaluasi Sakip: SPI Lakukan Kunjungan Kerja Ke LPP TVRI Stasiun Jambi

Januar Fajri

19 - Nov - 2021 00:17

Berita - Nasional

Berita
Berita
Berita

Satuan Pengawasan Intern (SPI) LPP TVRI melakukan kunjungan kerja ke LPP TVRI Stasiun Jambi. Selain untuk mempersiapkan evaluasi reformasi birokrasi, kunker SPI LPP TVRI juga ditujukan untuk mengevaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

Reformasi Birokrasi merupakan kegiatan mempercepat tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik di seluruh kementerian, lembaga,  pemerintah daerah sehingga terwujud pemerintah yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme. Adapun Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan atau SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Plt. Kepala SPI LPP TVRI Yuyun Purnomo mengatakan setiap organisasi wajib mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya yang terdiri atas dokumen perencanaan, pengukuran, pelaporan, evaluasi dan capaian. Untuk memberikan pemahaman terkait evaluasi reformasi birokrasi dan juga SAKIP, SPI LPP TVRI melakukan kunjungan kerja ke LPP TVRI Stasiun Jambi untuk persiapan tahun 2022 mendatang.

“Saat ini manajemen pelaksanaan reformasi birokrasi, perencanaan, implementasi, monitoring hingga evaluasi masih terfokus di tingkat pusat saja, sehingga pelaksanaan reformasi birokrasi belum merata dan menyeluruh. Kemudian, pemahaman pegawai LPP TVRI tentang makna dan impelementasi reformasi birokrasi juga belum menyeluruh khususnya pada level unit kerja atau stasiun daerah”, ujar Yuyun Purnomo.

Plt. Kepala SPI berharap melalui persiapan evaluasi 8 area perubahan reformasi birokrasi dan SAKIP di LPP TVRI Stasiun Jambi dapat memperbaiki diri demi menuju birokrasi yang bersih akuntabel dan memberikan pelayanan publik secara prima, serta dapat menjadi pedoman bagi LPP TVRI pusat dan daerah termasuk  LPP TVRI Stasiun Jambi dalam menjalankan perannya sebagai televisi publik.

Impelementasi 8 area perubahan reformasi birokrasi tersebut yakni manajemen perubahan, deregulasi kebijakan, penataan dan penguatan organisasi, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM aparatur, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan terakhir peningkatan kualitas pelayanan publik.

 

Penulis : Daniel Saputra

Terbaru dari Instagram