Berita JAWA BARAT

2497



Suasana pencoblosan di TPS 14 Desa Parungseah, Kecamatan Sukabumi berbeda dengan suasana pencoblosan pada tahun-tahun sebelumnya. Sebelum memasuki TPS, para pemilih diharuskan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas. Saat hendak mencoblos pun, setiap pemilih diberikan sarung tangan oleh Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Tak hanya itu, seluruh Petugas KPPS juga menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, pelindung wajah dan sarung tangan. Petugas juga sudah mengantisipasi hal-hal darurat seperti menyiapkan bilik suara khusus bagi pemilih yang suhunya di atas 37 derajat celcius. Untuk mencegah kerumunan di TPS, jumlah pemilih yang akan menyalurkan hak pilihnya juga dibatasi. Dalam setiap shiftnya, pemilih dibatasi sebanyak 40 orang saja.

“Meski digelar di tengah pandemi Covid-19, tetapi antusias warga untuk mencoblos masih tinggi. Warga juga kami imbau untuk tak perlu khawatir mendatangi TPS karena seluruh proses pemungutan suara sudah menerapkan protokol kesehatan.” ujar Ketua KPPS, Hilda Agusthina.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di TPS 14 sebanyak 461 orang. Terdiri dari 243 pemilih laki-laki dan 218 pemilih perempuan. Setiap shift pemilih usai mencoblos, petugas langsung menyemprotkan cairan desinfektan di lokasi TPS agar steril dan mencegah penyebaran Covid-19.

(Budi Setiawan)


Bagikan Artikel ini ke