Tingkatkan Kompetensi Petugas Protokol, LPP TVRI Selenggarakan Bimtek Keprotokolan

Rizki

28 - Jun - 2022 13:00

Kegiatan - Nasional

Berita
Berita

Jakarta (26/06/2022) – Pusdiklat LPP TVRI selenggarakan Bimtek Keprotokolan pada tanggal 22 – 24 Juni 2022 dalam rangka meningkatkan kompetensi para petugas protokol LPP TVRI baik di kantor pusat maupun di TVRI Stasiun Daerah. Bimtek yang diikuti oleh 43 orang ini mengambil tempat di Hotel Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta. Narasumber yang dihadirkan pada Bimtek ini adalah Sandra Erawanto, dari Kementerian Sekretariat Negara RI, Firmansyah Rasyid dari Kementerian Dalam Negeri RI serta Teddy Lemboy.

Bimtek Keprotokolan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Utama LPP TVRI yang ditandai dengan pemasangan tanda pengenal secara simbolik yang diwakili oleh Karlina Eka Dewi dari TVRI Kantor Pusat dan Rian Joseptiawan dari TVRI Bengkulu.

Dalam laporannya Kepala Pusdiklat LPP TVRI, Tri Widiarto menyampaikan bahwa pada Bimtek ini peserta akan diajarkan tentang dasar-dasar keprotokolan, praktik tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan, tata pelantikan, manajemen persiapan acara, manajemen rapat/persidangan, manajemen penjemputan dan pendampingan tamu VIP, kerapihan diri (grooming), pengembangan kepribadian dan pembentukan citra serta etika dan etiket pergaulan nasional/internasional petugas protocol. Materi-materi ini diajarkan dengan harapan bahwa setelah mengikuti Bimtek Keprotokolan ini, kegiatan-kegiatan di LPP TVRI dapat dilaksanakan dengan semakin baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu dalam sambutannya, Direktur Utama LPP TVRI, Iman Brotoseno menyampaikan pentingnya peran protokol pada sebuah lembaga. Mengingat hal tersebut, maka penting untuk diadakan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan tugas-tugas keprotokolan dengan tujuan agar masing-masing personil memiliki pemahaman yang sama akan tugas dan fungsi dari seorang protokol, serta mengerti peran keprotokolan bagi sebuah lembaga.

“Saya berharap antara TVRI Kantor Pusat dan TVRI Stasiun Daerah memiliki keseragaman terkait tata cara dan fungsi keprotokolan sehingga nantinya diharapkan dapat menaikan citra LPP TVRI,“ tegas Iman Brotoseno.

Sandra Erawanto, salah seorang narasumber Bimtek Keprotokolan ini menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta agar dapat menerapkan standar protokol yang telah diberikan secara seragam di seluruh TVRI Stasiun Penyiaran di Indonesia. Lebih jauh ia berharap agar ilmu ini dapat diterapkan di dalam pekerjaaan terutama yang terkait dengan penyiaran sehingga LPP TVRI dapat menjadi rujukan bagi media-media lain.

Bimtek yang dilaksanakan selama 3 hari ini, secara resmi ditutup pada tanggal 24 Juni 2022 oleh Direktur Umum LPP TVRI, Meggy Theresia Rares. Dalam sambutannya beliau menyampaikan agar ilmu yang telah diajarkan pada Bimtek Keprotokolan ini dapat diterapkan dan disosialisasikan oleh para peserta ke daerahnya masing-masing. Dengan demikian, akan tercipta keseragaman terkait keprotokolan yang baik serta sesuai aturan sehingga dapat memberikan citra positif LPP TVRI terutama dalam hal melayani masyarakat.

Penulis: Rizki Octavian

Penyunting: Chaerini

Terbaru dari Instagram